AJARKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT, MAHASISWA KKN UM DESA GEMBLEB SOSIALISASIKAN PADA SISWA SD

Administrator 09 Juli 2018 22:20:28 WIB

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan suatu konsep yang menggambarkan perilaku individu yang membiasakan dirinya untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan serta sebagai upaya untuk mencegah penyakit, memelihara kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat. Kegiatan sosialisasi dan simulasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini merupakan salah satu pengabdian ilmu yang dapat dilakukan dalam rangkaian program KKN Desa Gembleb. Melalui kegiatan ini, peserta KKN berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak, para orang tua serta masyarakat yang terlibat didalamnya.

Maksud dari kegiatan ini yaitu sebagai upaya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan meningkatkan kesadaran bagi anak-anak tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan menggosok gigi setiap hari terutama pada kalangan anak-anak yang harus dibiasakan sejak dini guna mencegah risiko penyebaran penyakit yang rentan menghampiri mereka seperti diare, cacingan, gangguan pernafasan, dan lain-lain.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi salah satu program mahasiswa KKN Desa Gembleb yang diterapkan di SDN 1 Gembleb Kecamatan Pogalan pada tanggal 7 Juni 2018 selama 2 jam ini berjalan dengan lancar. Dalam pemaparan materi panitia menggunakan sabun antiseptik, proyektor dan gosok gigi. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi kelas 3 SDN 1 Gembleb yang berjumlah 23 orang dengan dipandu oleh mahasiswa KKN Desa Gembleb dan didampingi oleh wali kelas 3 SDN 1 Gembleb. Antusiasme murid di SDN 1 Gembleb sangat baik. Mahasiswa KKN juga mengajarkan praktek bagaimana menggosok gigi dan cuci tangan serta lagu CTPS pada anak SD. Siswa-siswi diberi kesempatan untuk maju satu persatu ke depan untuk mempraktikkan cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan simulasi ini diharapkan para siswa mampu mempraktikkan gosok gigi dan cuci tangan pakai sabun dengan benar dan mampu menjadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar atas AJARKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT, MAHASISWA KKN UM DESA GEMBLEB SOSIALISASIKAN PADA SISWA SD

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik

Lokasi Gembleb

tampilkan dalam peta lebih besar